Perawatan Gigi Bayi (Gigi Susu)


Beberapa orang tua menganggap bahwa gigi susu tidak perlu untuk dirawat karena mereka berangggapan gigi ini akan copot dalam beberapa tahun. Ini sebenarnya sangat salah. Karena saat gigi susu mengalami kerusakan dan panyakit ini bisa berpindah ke gigi permanen dari si anak. Apalagi jika proses pembusukan sudah sampai ke akar gigi maka infeksi bisa berpindah ke gigi tetap dari sang anak.
Oleh karena itu orang tua harus tanggap dalam merawat gigi susu anak, berikut ada sedikit tips merawat gigi susu.
  • gigi susu ini sebenarnya juga memerlukan perawatan yang sama dengan  gigi permanen oleh karena itu gigi susu memerlukan perawatan agar terhindar dari infeksi atau mengalami cidera secara langsun atauun tidak langsung.
  • Mulai suruh anak anda sikat gigi ketika gigi susu pertama anak anda muncul.. awal – awal bisa menggunakan jari atau pun kapas untuk membersihkan gigi anak anda. Baru sekitar satu tahun baru gunakan sikat gigi dan awasi dan bimbing anak anda ketika mereka menggunakannya. Disarankan untuk terus membimbing anak menyikat gigi hingga 3 – 4 tahun atau hingga sang anak sudah bisa dan ahli menyikat giginya sendiri dengan baik dan benar. Disaat ini anda hanya cukup dengan mengawasinya saja.
  • Pintar – pintarlah memilih sikat gigi anak yang baik dan cocok untuk anak anda. Pilihlah sikat gigi yang memiliki sikat yang lembut dan bulat serta pilihlah kepala skita yang kecil agar memudahkan si kecil menjangkau sudut – sudut yang jauh. Pilih juga gagang yang cocok, cukup tebal, enak dipegang, aman dan nyaman.
  •  Setelah selesai menyikat gigi, bilaslah sikat hingga bbersih dan keringkan. Dan jangan lupa untuk mengganti sikat gigi 3 bulan sekali.

Comments

Popular posts from this blog

Pertolongan Allah Kepada Mujahiddin Gaza

Tips Sukses Bisnis dari Rumah Halal Mart HPAI